Rabu, 20 Agustus 2014

Tentang Konsistensi dan Kontinuitas

Waktu Salsa berusia 1,5 tahun... Saya ingat betul... Salsa dapat berbicara lancar dan runtut menceritakan peristiwa yg dialaminya.
Waktu itu Salsa jatuh, pas main di tempat mbah uyut sama mbah uti, pulang-pulang nangis sesengggukan, lalu saya pun bertanya... "Kenapa? Kok nangis?"
Lantas Salsapun menjawab, "Ummi, tadi Salsa jatuh, lari-lari, trus kakinya berdarah, sama pakde Win dikasih betadin di tempat de Nur, sambil digendong uti, betadin itu perih, trus Salsa nangis keras, kata uti dikasih betadin biar cepat sembuh" (Usia 11 bulan Salsa bisa jalan, sekaligus ngomong :)
Saya sempet kaget, di usia 1,5 tahun salsa memiliki kosakata bahasa yg lebih daripada anak seusianya,,,
Sejak, saat itu, saya menyadari "potensi" besar yang dimiliki Salsa... Kemampuan verbalnya bagus...
Salsa paling hobi bercerita, membuka2 buku kemudian menceritakan kembali pada adiknya atau ummi, abi, yang pura-pura jadi murid Bu Guru Salsa ;) (meski kadang adiknya yg mau jd guru, gak mau jd murid ;)
Setiap hari, saya meminta Salsa untuk membacakan cerita, kemudian menceritakan isi bacaan tersebut... meski masih terpatah-patah, tapi..., "kalau mau berusaha, pasti bisa." Katanya :D Dan hampir tiap hari ketika abi pulang, selalu dapat surat dari Salsa... Hihi..,
Saya juga membiasakannya utk menuliskan cerita dalam buku harian, tentang peristiwa atau hal menarik apa yang Salsa alami hari ini, atau tentang suatu benda, dll...
Dari sini, Salsa belajar banyak... Dan saya juga banyak belajar... tentang rasa syukur dan kesabaran yang tiada batas untuk menjadi seorang ibu.
Biasa sepulang sekolah dengan sendirinya Salsa belajar mengatur jadwal hariannya... Saya membebaskan dia utk melakukan apa saja yang ia suka setelah apa yang harus Salsa lakukan hari itu dilakukannya, maka dengan sigap anak ini akan mengerjakan apa yg menjadi "kewajibannya" jdi setelahnya bisa lebih leluasa mendapatkan "me timenya" hihi..,
Yang saya pelajari dalam mengajarkan sesuatu pada anak adalah "konsistensi dan kontinuitas" ;)
Alhamdulillah sampai sekarang anak ini tetap semangat.., ya meskipun sekali dua kali masih moody, (namanya juga anak-anak ;)
Trimakasih ya, Nak... karena kau selalu berusaha lebih baik hari ini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar